Friday, December 12, 2014

Menggunakan Fungsi IF di Excel



Kegunaan lain dari formula adalah untuk menampilkan nilai/pesan/perhitungan ketika kondisi tertentu terpenuhi. Jenis formula yang digunakan adalah disebut formula bersyarat (Conditional Formula); salah satu cara untuk membuat Conditional Formula di Excel adalah dengan menggunakan fungsi IF. Fungsi rumus IF sendiri merupakan suatu nilai ataupun kondisi dimana dapat mengevaluasi TRUE (benar) jika sesuai dengan logical yang diterapkan sedangkan FALSE (salah) apabila tidak sesuai dengan logical test. Sehingga dengan menggunakan rumus logical test, akan membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.


Untuk membuat Conditional Formula fungsi IF, Anda klik sel yang akan diberi formula, Tab Formula >> Insert Function >> Kotak Dialog Insert Function >> ketik atau klik IF. Bila Anda melakukan proses tersebut, kotak dialog Argumen Fungsi IF akan terbuka.

Gambar 1. Kotak Dialog Fungsi IF

1. Fungsi Tunggal IF
Misalkan ada data sebagai berikut:

Gambar 2. Data Pelatihan Karyawan


Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan meng-klik sel yang ingin diberi conditional formula IF kemudian ketik =IF(D6=”MARRIED”,”FINANCIAL PROGRAMS”,”MARKETING PROGRAMS”). Formula tersebut memiliki arti JIKA ( status sama dengan MARRIED, maka pelatihan yang diberikan berupa FINANCIAL PROGRAMS, Selain itu pelatihan berupa MARKETING PROGRAMS). Hasil sel lain yang ingin dibuat dapat langsung diperoleh dengan menarik Fill Handle kebawah.

Fungsi Ganda IF
Contoh yang diberikan diatas, dipergunakan apabila hanya ada satu atau dua kondisi yang berbeda. Akan tetapi tidak jarang kita akan menemui didalam pekerjaan kita beberapa kondisi yang patut untuk dipertimbangkan seperti misalnya masalah nilai. Apabila ditemui beberapa syarat dan kondisi sebagai berikut:
SKOR RATA-RATA
NILAI
Lebih Besar dari 80
A
68-80
B
56-67
C
40-55
D
Lebih Kecil dari 40
E

Gambar 3. Daftar Nilai Pelatihan Karyawan

Hasil nilai dapat diperoleh dengan cara mengetik formula IF menjadi =IF(E7>80,"A",IF(E7>=68,"B",IF(E7>=56,"C",IF(E7>=40,"D","E")))). Jangan lupa memberi tanda kurung, tanda koma, dan tanda kutip pada rumus. Formula tersebut mengandung arti JIKA(rata-rata lebih besar dari 80 maka mendapatkan nilai A, JIKA(rata-rata lebih besar atau sama dengan 68, maka mendapat nilai B, JIKA(rata-rata lebih besar atau sama dengan 56, maka mendapat nilai C, JIKA(rata-rata lebih besar atau sama dengan dari 40, maka mendapat nilai D, selain itu mendapat nilai E)))).

Excel juga mencakup beberapa Conditional Formula lain yang dapat Anda gunakan untuk meringkas dan menghitung data Anda, yang ditunjukkan pada tabel berikut:
Fungsi/Formula
Deskripsi
AVERAGEIF
Menemukan rata-rata nilai dalam Cell Range yang memenuhi kriteria tertentu
AVERAGEIFS
Menemukan rata-rata nilai dalam Cell Range yang memenuhi beberapa kriteria
COUNT
Menghitung jumlah sel dalam Range yang mengandung nilai numeric
COUNTA
Menghitung jumlah sel dalam Range yang tidak kosong
COUNTBLANK
Menghitung jumlah sel dalam Range yang kosong
COUNTIF
Menghitung jumlah sel dalam Range yang memenuhi kriteria tertentu
COUNTIFS
Menghitung jumlah sel dalam Range yang memenuhi beberapa kriteria
IFERROR
Untuk menghasilkan nilai yang anda sebutkan dalam formula untuk dievaluasi jika error. Gunakan fungsi ini untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam penulisan formu;a
SUMIF
Menemukan jumlah nilai dalam Range yang memenuhi kriteria tunggal
SUMIFS
Menemukan jumlah nilai dalam Range  yang memenuhi beberapa kriteria

0 comments:

Post a Comment