Tuesday, December 9, 2014

Membuat Tabel Excel




Dengan Excel, anda dapat mengelola daftar data secara efektif, yang memungkinkan untuk mengurutkan data worksheet berdasarkan nilai-nilai tertentu dalam satu atau beberapa kolom ataupun membatasi data yang ditampilkan dengan menggunakan kriteria. Excel telah menfasilitasi pengelolaan data seperti aktivitas diatas dengan menggunakan Tabel Excel.
Gambar 1. Membuat Tabel Excel dengan Format As Table

Untuk membuat tabel Excel, seleksi suatu Range Sel yang terdiri dari header & nilai-nilai data. dan kemudian, pada Tab Home >> Group Styles >>  Klik Format As Table >> Pilih Table yang diinginkan. Ketika kotak dialog Format As Table terbuka, pastikan bahwa Range Sel yang berada di kotak dialog Where is The Data For Your Table  telah mencerminkan pilihan Anda saat ini dan Check Box My Table has Headers telah tercentang (untuk memberikan header filter) , dan kemudian klik OK.
Gambar 2. Kotak Dialog Format As Table

Excel juga dapat membuat tabel Excel dari Range Sel yang masih kosong (tidak berisi data). Untuk membuat tabel Excel, klik Range Sel dan kemudian Klik Tab Home >> Groups Styles >> Format As Tables>> Table Styles. Jika Anda memiliki data yang telah di format dengan kriteria tertentu, format tersebut akan tetap diterapkan pada saat anda membuat Tabel Excel. Jika Anda ingin Excel untuk mengganti format yang ada dengan format tabel Excel, klik kanan Table Styles yang ingin anda terapkan dan kemudian klik Apply and Clear Formating atau cara lain untuk menghilang Format Tabel adalah dengan klik Tab Home >> Groups Styles >> Format As Tables >> Design >> Table Styles >> Clear.

Bila anda ingin menambahkan data ke tabel Excel, klik sel paling kanan di baris bawah dari tabel Excel dan tekan tombol Tab untuk membuat baris baru. Tabel Excel 2010 sering mengandung data yang harus dihitung jumlahnya atau rata-rata-nya, atau untuk mencari nilai maksimum atau nilai minimum dalam kolom. Untuk menambahkan suatu formula perhitungan pada satu atau lebih kolom data, anda dapat menambahkan Total Rows ke tabel Excel anda. Cara menambahkan Total Rows adalah, klik sel kolom bagian paling bawah kanan, kemudian klik kanan >> Tab Design >> Groups Table Style Option >> Centang Check Box Total Row

Gambar 3. Menambahkan Total Rows pada Tabel Excel


Pada saat anda menambahkan Total Rows, Excel 2010 membuat formula-formula perhitungan untuk nilai-nilai dibagian sebelah kanan kolom tabel. Untuk mengganti operasi formula perhitungan, atau menambahkan operasi formula perhitungan, Klik Sel >> kemudian Klik tanda panah/+ yang muncul >> pilih formula perhitungan yang anda inginkan. Dengan meng-klik More Function, anda akan mendapatkan dialog box formula-formula lengkap yang ada di excel.

Gambar 4. Menambahkan/Mengganti Formula pada Total Rows

Secara Default, Excel memberikan nama generik tabel Excel Anda dengan nama Table1 atau Table2. Anda dapat mengubah nama tabel Excel sesuai dengan keinginan anda dengan cara Klik Sel dalam Tabel >> Klik Tab Design >> Groups Properties >> Edit Table Name. Mengubah nama tabel Excel mungkin tidak tampak penting, tetapi nanti akan membantu anda dalam membuat formula yang menghitung data di tabel Excel supaya mudah untuk diproses dan dipahami. anda harus terbiasa untuk mengganti nama tabel Excel sehingga Anda dapat mengenali data yang yang ada didalamnya.

Gambar 5. Mengubah Properti Table di Excel

Jika Anda ingin mengubah tabel Excel Anda kembali Range Cell Normal, Klik Sel Didalam Tabel Excel >> Klik Tab Design >> Groups Tools >> klik Convert To Range. Ketika Excel menampilkan kotak pesan yang menanyakan apakah Anda yakin Anda ingin mengkonversi tabel menjadi Range, klik OK.


2 comments: