Setiap kali anda ingin mengumpulkan dan menyimpan data yang tidak Berhubungan dengan data yang lainnya, anda harus membuat Workbook (Buku Kerja) Baru. Workbook baru pada Excel memiliki Tiga Worksheet (Lembar Kerja) dan anda dapat menambahkan lebih banyak worksheet atau menghapus worksheet yang ada jika diperlukan. Membuat Workbook baru adalah Proses yang mudah. Anda hanya perlu klik Tab File >> Klik New >> Klik Blank Workbook >> Klik Tombol Create
Gambar 1. Membuat Workbook Baru di Backstage View
Bila memilih perintah Save file, berarti anda menimpa salinan sebelumnya
dari suatu file.
Jika anda telah
membuat perubahan yang ingin anda simpan, tetapi juga ingin
menyimpan salinan file lama, anda dapat
menggunakan perintah Save As untuk
menentukan nama file baru. Anda juga dapat menggunakan kontrol di kotak dialog Save As untuk menentukan
format dan lokasi file yang berbeda apabila ingin membuat file yang baru.
Gambar 2. Proses Save dan Save As serta memilih tipe File
Setelah membuat file, anda dapat
menambahkan informasi untuk membuat file lebih mudah ditemukan ketika
menggunakan fasilitas Windows Search. Setiap kategori informasi, atau properti,
menyimpan informasi spesifik tentang file Anda. Jika menggunakan Windows OS, Anda
dapat mencari file berdasarkan penulis file atau judul, atau dengan kata kunci
yang terkait dengan file tersebut.
Untuk mengatur nilai-nilai identitas
property pada workbook Anda, Anda dapat mengklik Tab File >> Klik
Info >> Klik
Property, >> Lalu
Klik Show Document Panel
untuk menampilkan panel Document
Properties tepat di bawah Ribbon. Versi standar dari Document Properties
Panel memiliki bidang untuk file penulis, judul, subjek, kata kunci, kategori,
dan status, dan komentar tentang file. Anda juga dapat membuat Properti Kustom
dengan mengklik panah yang terletak di sebelah Kiri Atas, yaitu: Klik Document Properties
>> Klik
Advanced Properties untuk menampilkan Kotak
Dialog Properties
>> Klik Custom
Gambar 3. Proses Save dan Save As serta memilih tipe File
Gambar 4. Document Properties
Pada halaman Custom kotak dialog
Properties, Anda dapat mengklik salah satu kategori kustom yang ada, kemudian mengetikkan
nama properti baru di bagian Name, Type dan memilih jenis data (misalnya,
Teks, Tanggal , Number, atau Ya / Tidak), mengetik informasi yang ingin kita
masukkan pada field Value, dan
kemudian klik Add untuk memasukkan
properties custom yang kita buat. Jika
Anda ingin menghapus properti kustom yang ada, arahkan ke daftar
Properties, klik properti yang ingin Anda hapus, dan klik Delete. Setelah Anda selesai membuat perubahan, klik tombol OK.
Untuk menyembunyikan panel Document Properties, klik tombol Tutup di sudut
kanan atas panel.
Gambar 5. Proses Memodifikasi Custom Properties
0 comments:
Post a Comment