Friday, December 5, 2014

Membuat, Copy dan Cut Worksheet Excel



Biasanya, anda membuat workbook untuk merekam informasi tentang aktivitas tertentu, seperti kegiatan bisnis pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, etc. Setiap worksheet dalam workbook harus mewakili pembagian kegiatan tersebut. Untuk menampilkan worksheet tertentu, klik Tab Sheet di Tab Bar (terletak bagian bawah). Untuk membuat worksheet baru, Klik Tombol Insert Worksheet di tepi kanan tab bar. 

Gambar 1. Tab Sheet dan Tombol Insert Worksheet

Ketika Anda membuat worksheet, Excel memberikan sebuah nama generik seperti Sheet1, Sheet2, atau Sheet3 pada worksheet yang telah dibuat. Setelah Anda memutuskan apa jenis data yang ingin Anda simpan pada Worksheet, Anda harus mengubah nama default worksheet menjadi nama yang lebih mendeskripsikan pekerjaan anda. Misalnya, Anda bisa mengubah nama Sheet1 di Menjadi Tahun 2009, Tahun 2010 dan Tahun 2011. Bila Anda ingin mengubah nama lembar kerja, klik dua kali tab Worksheet di Tab Bar untuk menyorot nama worksheet, ketik nama baru, lalu tekan Enter.

Kegiatan lainnya untuk bekerja dengan lebih dari satu Worksheet adalah meng-copy worksheet dari satu workbook  ke workbook lainnya. Anda dapat menyalin worksheet dari workbook satu ke workbook lainnya dengan mengklik kanan Tab Sheet  yang ingin Anda salin dan, pada menu shortcut, klik Move or Copy untuk menampilkan kotak dialog Move or Copy. Setelah itu pilih copy untuk meng-copy file dan jangan lupa centang pada check box “create a copy”. Apabila anda tidak mencentang check box “create a copy” anda dianggap meng-cut worksheet yang anda pilih.

Gambar 2. Proses Move & Copy Worksheet

Setelah worksheet berada di dalam workbook tujuan, anda dapat mengubah urutan Worksheet untuk membuat data lebih mudah ditemukan di workbook. Untuk mengubah lokasi worksheet di workbook, Anda tinggal tarik tab sheet yang ingin dipindahkan ke lokasi yang diinginkan pada tab bar. Jika Anda ingin menghilangkan worksheet dari tab bar tanpa menghapus worksheet, Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan tab sheet di tab bar dan mengklik Hide pada menu shortcut. Bila Anda ingin Excel untuk menampilkan kembali worksheet, klik kanan tab sheet dan kemudian klik Unhide. Pada kotak dialog Unhide, klik nama lembar yang ingin ditampilkan, dan klik OK.

Gambar 3. Pilihan Modifikasi Worksheet

Untuk membedakan worksheet satu dengan worksheet lainnya, atau secara visual menunjukkan kelompok atau kategori worksheet di dalam workbook (workbook dengan multiworksheet), Anda dapat mengubah warna tab worksheet. Untuk melakukannya, klik kanan tab, arahkan ke Tab Color, dan kemudian klik warna yang Anda inginkan.

Gambar 4. Proses Mengubah Warna Tab Sheet Excel

Jika Anda tidak memerlukan lagi suatu worksheet tertentu, anda dapat menghapus worksheet dengan cepat. Untuk melakukannya, klik kanan tab sheet , dan kemudian klik Delete

0 comments:

Post a Comment