Thursday, December 4, 2014

Mengenal Ribbon & Backstage View di Excel 2010


1. RIBBON EXCEL 

Salah satu hal utama yang perlu anda perhatikan didalam mengoperasikan Excel 2010 adalah bahwa fungsi-fungsi didalam program Excel 2010  menitik beratkan pada penggunaan Ribbon, yang sebenarnya sudah mulai diperkenalkan di Excel 2007. Jika anda telah terbiasa menggunakan Excel 2003 atau versi Excel sebelumnya, anda harus meluangkan sedikit waktu, menyesuaikan diri dengan antarmuka baru untuk mendapatkan  kemampuan  mengolah data di Excel seperti biasanya.


Tujuan dari lingkungan kerja Microsoft Office adalah untuk membuat user mampu bekerja dengan dokumen Office, termasuk dokumen Microsoft Word, Workbook Excel, Presentasi PowerPoint, Pesan e-mail Outlook, dan Tabel Database Access, semudah mungkin. Anda akan bekerja dengan dokumen Office melalui pemberian perintah ke program, di mana dokumen tersebut terbuka untuk memanipulasi data. Semua program Office 2010 mengatur perintah pada bar horisontal yang disebut RIBBON, yang muncul di bagian atas setiap jendela program.



Gambar 1. Ribbon Tab & Ribbon Groups


Perintah-perintah di Excel 2010 disusun pada Tab-Command tertentu dari Ribbon, dan dikelompokkan per-bagian tertentu (Groups) pada setiap Tab Ribbon. Perintah biasanya mengambil bentuk Tombol atau List Button. Beberapa muncul dalam galeri. Beberapa kelompok bisa jadi terkait dengan kotak dialog atau  panel tugas yang berisi perintah tambahan.

Di dalam blog ini, kita akan membahas perintah dan elemen Ribbon yang terkait dengan pengolahan data bisnis dan pemasaran. Pada bagian ini, kita juga akan membahas penampilan umum dari Ribbon, hal-hal yang mempengaruhi penampilan, dan cara menemukan perintah yang tidak terlihat pada Ribbon.
Ribbon  memiliki sifat dinamis, artinya penampilan Tab Ribbon berubah seiring ukuran Ribbon. Sebuah perintah mungkin ditampilkan pada Ribbon dalam bentuk Tombol Label Besar (large button), Tombol Kecil (small button), Tombol Kecil Berlabel (small labeled button) atau Daftar Entri (List Entri). Pada waktu lebar Ribbon berubah , ukuran, bentuk, dan kehadiran tombol pada Ribbon beradaptasi dengan ruang yang tersedia.

Sebagai contoh pada saat, tersedia ruang secara horisontal, tombol-tombol pada Tab Review tersebar dan anda dapat melihat lebih banyak perintah yang tersedia di masing-masing kelompok.


Gambar 2. Ribbon Dinamis Formula

Jika kita mengurangi ukuran Ribbon, Small Labeled Button menghilang dan seluruh kelompok tombol bersembunyi di bawah satu tombol yang mewakili kelompok yaitu Groups Ribbon. Yang harus kita lakukan untuk mengoperasikannya adalah dengan meng-klik tombol Groups Ribbon untuk menampilkan daftar perintah yang tersedia dalam Groups tersebut.


Gambar 3. Ribbon Dinamis Formula Yang Diubah Ukurannya


Ketika Windows Excel 2010 menjadi terlalu sempit untuk menampilkan semua kelompok, Tanda Panah (Scroll Arrow) akan muncul di ujung kanan nya. Klik Scroll Arrow untuk menampilkan kelompok perintah yang tersembunyi.


Gambar 4. Ribbon Dinamis Review Dengan Scroll Arrow

2. BACKSTAGE VIEW EXCEL 

Jika anda menggunakan Excel 2007, anda akan segera melihat satu perubahan yang signifikan, yaitu: tombol Microsoft Office, yang terletak di sudut kiri atas jendela program di Excel 2007, telah digantikan oleh Tab File. Setelah merilis Microsoft Office 2007 System, Tim Microsoft Excel memeriksa kembali–program user interface (Antar Muka Pengguna) untuk dapat ditingkatkan performanya. Selama proses tersebut, mereka menemukan kemungkinan untuk membagi tasks (tugas-tugas) user ke dalam dua kategori: "in" tasks, seperti format dan penggunaan formula, yang mempengaruhi isi workbook langsung, dan "out" tasks, seperti menyimpan dan printing (pencetakan) , yang dapat dianggap sebagai “Workbook Management Tasks”.


Pada saat Tim Microsoft Excel meneliti antar muka Excel 2007, mereka menemukan bahwa beberapa fungsi Workbook Management Task bertaburan diantara tab-tab Ribbon yang berkaitan langsung dengan tasks yang berhubungan dengan konten. Tim Microsoft Excel kemudian memindahkan semua workbook management tasks tersebut ke Tab File, dimana para user dapat meng-kliknya untuk menampilkan semua perintah-perintah Workbook Management Task di menu Backstage View Yang Baru.




Gambar 5. Backstage View

0 comments:

Post a Comment