Friday, December 5, 2014

Memodifikasi Quick Access Toolbar dan Ribbon Excel



1. Menambahkan Button Pada Quick Access Toolbar

Ketika Anda bekerja dengan Excel 2010, Anda mungkin akan menggunakan perintah tertentu yang lebih sering daripada yang lainnya. Akan lebih baik apabila anda membuat tombol shortcut sehingga anda lebih cepat mengaksesnya sehingga mengefisienkan waktu dalam pengerjaan tugas. Anda dapat membuat tombol apapun yang dapat diakses dengan satu kali klik dengan menambahkan tombol ke Quick Access Toolbar, terletak tepat di atas Ribbon di sudut kiri atas jendela program Excel.

Gambar 1. Tombol Quick Access Toolbar

Untuk menambahkan tombol ke Quick Access Toolbar, klik Tab File >> Options. >> Customize Quick Access Toolbar. Halaman Pilihan ini terbagi menjadi dua panel. Panel sebelah kiri berisi tentang daftar kategori perintah, sedangkan panel sebelah kanan  berisi daftar yang sudah berisi perintah-perintah yang sudah ditambahkan ke Quick Access Toolbar. Setelah itu pilih perintah yang ingin ditambahkan dengan mengklik Add

Gambar 2. Menambahkan Tombol Perintah Pd Quick Access Toolbar

2. Memodifikasi Ribbon Excel

Pada Microsoft Excel 2010 anda diberikan kemampuan untuk dapat menyesuaikan Ribbon.  Jika diperlukan, anda bisa menyembunyikan dan menampilkan perintah di Ribbon, menyusun ulang tab yang ditampilkan pada Ribbon, menyesuaikan tab yang ada (termasuk tab tools, yang muncul ketika item tertentu dipilih), dan membuat Tab Kustom sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk mulai mengubah Ribbon, klik Tab File >> Options >> kotak dialog Options Excel, klik Customize Ribbon untuk menampilkan halaman Customize Ribbon.


Gambar 3. Menambahkan Tombol Perintah Pada Ribbon


Kita juga bisa menghilangkan Ribbon untuk memperluas area kerja apabila diperlukan. Untuk menghilangkan Ribbon, kita tinggal tekan minimize button dibagian atas kanan windows atau menggunakan perintah Ctrl+F1


Gambar 4. Menghilangkan Ribbon

0 comments:

Post a Comment