Thursday, December 4, 2014

Mengenal Tampilan & Lembar Kerja Microsoft Excel 2010



Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan berbagai data. Excel adalah software pengolah data yang memiliki banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa disebut sebagai program spreadsheet dimana tiap-tiap data dapat anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan makin mempermudah kerja seorang manajer karena beberapa perintah pendukungnya telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.


Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:




Gambar 1. Tampilan Workbook Excel 2010

1.Tab Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:
  • Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
  • Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
  • Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya. 
  •  Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
  •  Tab Formulas,  berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam  Excel.
  •  Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain. 
  • Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook
  • Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2.Groups, adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab
3.Quick Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan  tombol Redo
4.Tombol Dialog,  yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5.Tombol Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan  worksheet dokumen Excel
6.Tab Sheet, merupakan kartu  yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7.Navigasi Sheet, merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.

8.Zoom Level, merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja

Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris. Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian  pada worksheet 2010 berikut ini:


Gambar 2. Tampilan Worksheet Excel 2010

1. Sel, merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range Sel, merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3. Select Sel, digunakan untuk memilih semua sel dalam satu worksheet
4. Name Box, adalah suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam Excel
5. Tab Split, merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung horizontal
6. Formula Bar, merupakan  kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah

9 comments: