Sunday, September 7, 2014

Tips & Tricks Menghadapi Ujian Akhir Semester

Dan akhirnya ujian akhir semester di IBI Darmajaya tiba. Di kampus mulai terlihat para mahasiswa yang sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian akhir. Ada yang sibuk mencari jadwal ujian akhir, sibuk meminjam catatan teman, sampai dengan sibuk menyalin contekan (^.^). Semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu berusaha untuk mendapatkan nilai yang terbaik setelah selama 4 bulan ini melakukan kegiatan perkuliahan. Tapi yang perlu diingat oleh para mahasiswa, pada intinya hakikat dari ujian akhir adalah sebagai alat pengukuran diri sendiri, seberapa banyak ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan. Apakah mahasiswa paham dan mengerti ilmu yang telah dipelajarinya supaya kelak dapat dijadikan bekal dalam kehidupan nyata.

Melihat semangat mahasiswa yang sedang membara mengejar keberhasilan dalam ujian akhir, mungkin disini saya akan berbagi beberapa tips dan triks bagaimana menghadapi ujian akhir semester.

1.       Persiapkan Jauh-Jauh hari
Usahakan dari jauh-jauh hari kita sudah mempersiapkan materi-materi ujian. Caranya adalah setiap hari selalu membaca materi-materi yang diberikan oleh dosen berulang-ulang sampai paham. Ingat kata kuncinya adalah paham! Bukan menghapal!, anda harus mengerti betul tentang apa yang dibicarakan oleh si dosen dan terus menerus mengulangnya hingga kita terbiasa dengan materi tersebut. Dan untuk melakukan hal ini tentunya mahasiswa harus melakukannya jauh sebelum ujian akhir dilaksanakan. Berdasarkan banyak pengalaman mahasiswa yang namanya SKS (Sistem Kebut Satumalam) hanya membuat mahasiswa stress, tegang, bahkan cepat lupa sehingga banyak yang melakukan SKS, nilainya malah jelek-jelek

2.       Buat catatan kecil dan tandai materi-materi yang dianggap penting
Setelah kita sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari , untuk membantu kita agar lebih paham dan fokus, ada baiknya kita membuat sebuah catatan kecil berisikan materi-materi yang dianggap penting. Beberapa dosen cenderung memberikan penekanan-penekanan terhadap suatu materi tertentu, dan dosen cenderung mengulang-ngulangnya berkali-kali. Kecenderungannya pula, hal-hal yang diulang-ulang itulah yang akan keluar pada saat ujian. Ini membuat kita lebih menghemat energi dalam belajar, karena terkadang tidak semua materi perlu kita baca. Fokus pada apa yang penting!

3.       Mainkan Imajinasi anda!
Salah satu cara untuk cepat menguasai materi yang anda pelajari adalah dengan mengimajinisikan bahwa anda sedang mempraktekkan ilmu yang anda pelajari di dunia nyata. Kalau misalnya anda mempelajari manajemen marketing, maka imajinasikan bahwa anda adalah seorang marketing manager sebuah perusahaan dan apa saja yang perlu anda lakukan untuk dapat memasarkan produk dan jasa kepada konsumennya yang tentu saja anda akan mengambil dan menyesuaikan dengan teori-teori yang sudah anda pelajari. Dan cara ini ..it works for me until now to understand all knowledge! ^^

4.       Latihan tanya jawab
Setelah kamu mempelajari materi ujian yang akan diujikan, cobalah untuk bermain tanya jawab dengan teman-teman kita atau diri kamu sender tentang materi ujian tersebut. Kamu atau mareka bisa memegang lembara jawabannya, dan mintalah untuk menyanyakan kepada kamu secara acak. Mereka juga bisa memberi sebuah clue jika kamu benar-benar lupa. Jangan lupa diberi nilai dari setiap point yang ditanyakan, dan akan terlihat kira-kira materi pa yang masih kurang kamu kuasai.

5.       Pelajari dan baca kisi-kisi dari dosen
Kamu tidak harus menghapal semua materi perkuliahan selama 15 pertemuan, karena itu hanya akan membuat otakmu terbebani dengan materi yang terlalu banyak. Umumnya dosen akan memberikan kisi-kisi atau catatn tersendiri tentang yang berhubungan dengan materi ujian yang akan keluar. Pelajarilah materi-materi yang dijadikan kisi-kisi oleh dosen tersebut.

6.       Datanglah lebih awal dan dengan persiapan yang matang
Datanglah lebih awal sebelum ujian akhir dimulai dan periksa apakah semua alat tulis yang kamu butuhkan sudah tersedia, seperti pensil, pulpen, kalkulator, jam tangan, penghapus, tip ex, kartu ujian, jaket almamater. Perlengkapan ini kan membantu kamu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian. Perasaaan yang tenang cenderung membuat otak kita lebih encer dan inspirasi jawaban mengalir lebih lancar

7.       Jangan mencontek!
Jangan coba-coba mencontek! Karena sebenarnya mencontek itu sia-sia!. Anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari mencontek, serta resikonya besar, karena pada dasarnya para dosen juga pasti tahu klo anak didiknya mencontek karena mereka lebih berpengalaman, dan hapal dengan trik trik licik mahasiswa!

0 comments:

Post a Comment