Tahun 2014 banyak yang memperkirakan bahwa tantangan bisnis
diberbagai industri akan semakin berat. Tidak hanya adanya pendapat
bahwa banyak industri yang akan stagnan di tahun 2014, akan tetapi
pertumbuhan ekonomi indonesia juga diramalkan akan melambat. Hal ini
disebabkan karena adanya impact kenaikan BBM yang sudah membuat
inflasi, disusul kemudian oleh aktivitas pemulihan ekonomi
negara-negara maju yang menyebabkan baliknya arus dana dari negara maju
ke negara berkembang.
Tentunya kondisi makro tersebut akan berdampak pada dunia marketing
secara khususnya, karena Aktivitas Marketing merupakan urat nadi semua
perusahaan untuk tetap dapat eksis di jagat persaingan yang semakin
sengit dan menekan ini. Seorang Marketer yang handal harus selalu tetap
optimis dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal dunia
marketing. Walaupun tantangan didepan semakin seru, seorang marketer
harus tetap maju dengan strategi-strategi briliannya dan taktik
implementasinya yang cemerlang. ada 12 hal prinsip yang perlu menjadi
perhatian oleh marketer dalam menyongsong peta persaingan 2014, yaitu
sebagai berikut:
1. Commitment /Komitmen
Marketer harus tahu bahwa program marketing walupun sederhana, tapi
jika dijalankan dengan komitmen akan selalu memberikan hasil yang lebih
maksimal. komitmen anda untuk mencapai yang terbaik yang mewujudkan
segalanya!
2. Investment / Investasi
Marketing bukanlah biaya yang sia-sia. Dia adalah sebuah investasi.
karena itu jika dijalankan dengan benar dan strategis, pasti akan
menghasilkan keuntungan!
3. Consistent / Konsisten
Tentunya perlu waktu supaya konsumen bisa mempercayaii anda! Jika
anda mengubah-ubah marketing, media dan identitas, anda akan sangat
sulit untuk dapat dipercaya. Disiplin dan menahan diri sangat diperlukan
dalam menerapkan strategi marketing. Lakukan secara terus menerus
secara konsisten maka konsumen anda akan mengenali ciri khas dari
marketing dan produk anda!
4. Confident / Kepercayaan
Dalam survei di dunia marketing untuk mengetahui alasan konsumen
membeli faktor harga adalah urutan kelima. Urutan keempat adalah
alternatif pilihan, urutan ketiga adalah pelayanan, urutan kedua adalah
kualitas, dan yang pertama adalah rasa percaya. tumbuh kembangkan rasa
kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis anda.
5. Patient / Kesabaran
Kesabaran adalah salah satu nilai impleentasi strategi marketing yang
paling penting. tanpa adanya kesabaran, mustahil terwujud, komitmen,
investmen, konsistensi dan lainnya
6. Assortment / Variasi & Aneka Ragam Program
Para marketer harus menyadari bahwa tiap-tiap senjata jika digunakan
secara terpisah jarang sekali bisa berhasil. jadi disini diperlukan
kombinasi tools2 marketing supaya bisa marketing, kemudian kita evaluasi mana yang paling efektif!
7. Convenient / Kenyamanan
Orang kini tahu bahwa waktu bukanlah uang, tapi adalah sumber daya
yang jauh lebih berharga. Hargailah hal ini dan berikan kepraktisan dan
kenyamanan bagi pihak konsumen daripada hanya memikirkan praktis dan
nyaman di pihak anda sendiri. Intinya adalah memahami kebutuhan dan
keinginan konsumen!
8. Subsequent / Keberlanjutan
keuntungan sebenarya baru ada setelah terjadi transaksi penjualan, yang berasal dari referensi atau repeat buying (pembelian
berulang). Para marketer biasa berpikir marketing mereka sudah bagus
jika terjadi penjualan, padahal itu barulah awal dari permainan.
Selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan, membina hubungan baik ^^
9. Amazement / Kekaguman
Ada beberapa faktor di bisnis yang bisa anda anggap sepele tetapi
konsumen akan terkesan jika mereka tahu detilnya. Pastikan setiap
aktivitas marketing anda mencerminakan bahkan semua faktor yang anda
anggap sepele tersebut tetapi malah membuat orang/konsumen terkesan
sehingga berujar WOWWW!
10. Measurement / Pengukuran
Sebenarnya anda bisa melipatgandakan keuntungan denan mengukur dampak
atau hasil dari marketing anda. Ada yang tepat sasaran, ada yang
meleset. Jika anda tidak melakukan pengukuran, anda tidak akan pernah
tahu
11. Involvement / Menciptakan & Membina Keterlibatan
Involvement mencerminkan hubungan antara anda dengan konsumen.
buktikan keterlibatan anda dengan melakukan inisiatif dan follow up.
Perhatian anda bisa berdampak pada konsumen memberikan referensi tentang
anda kepada banyak konsumen lain.
12. Dependent / Saling Ketergantungan
Tugas marketer bukanlah berkompetisi satu dengan yang lainnya, tapi
justru bekerjasama. jadi saling berkolaborasi dan memasarkan lebih
berguna daripada saling menjatuhkan. Ciptakan kerjasama dengan pihak
lain, maka anda akan menghemat lebih banyak pengeluaran!
Sunday, September 7, 2014
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment