Sunday, September 7, 2014

12 Hal Prinsip Yang Perlu Diingat Oleh Marketer

Tahun 2014 banyak yang memperkirakan bahwa tantangan bisnis diberbagai industri akan semakin berat. Tidak hanya adanya pendapat bahwa banyak industri yang akan stagnan di tahun 2014, akan tetapi pertumbuhan ekonomi indonesia juga diramalkan akan melambat. Hal ini disebabkan karena adanya impact kenaikan BBM yang sudah membuat inflasi, disusul kemudian oleh aktivitas pemulihan ekonomi negara-negara maju yang menyebabkan baliknya arus dana dari negara maju ke negara berkembang.

Tentunya kondisi makro tersebut akan berdampak pada dunia marketing secara khususnya, karena Aktivitas Marketing merupakan urat nadi semua perusahaan untuk tetap dapat eksis di jagat persaingan yang semakin sengit dan menekan ini. Seorang Marketer yang handal harus selalu tetap optimis dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal dunia marketing. Walaupun tantangan didepan semakin seru, seorang marketer harus tetap maju dengan strategi-strategi briliannya dan taktik implementasinya yang cemerlang. ada 12 hal prinsip yang perlu menjadi perhatian oleh marketer dalam menyongsong peta persaingan 2014, yaitu sebagai berikut:

1. Commitment /Komitmen
Marketer harus tahu bahwa program marketing walupun sederhana, tapi jika dijalankan dengan komitmen akan selalu memberikan hasil yang lebih maksimal. komitmen anda untuk mencapai yang terbaik yang mewujudkan segalanya!

2. Investment / Investasi

Marketing bukanlah biaya yang sia-sia. Dia adalah sebuah investasi. karena itu jika dijalankan dengan benar dan strategis, pasti akan menghasilkan keuntungan!

3. Consistent / Konsisten

Tentunya perlu waktu supaya konsumen bisa mempercayaii anda! Jika anda mengubah-ubah marketing, media dan identitas, anda akan sangat sulit untuk dapat dipercaya. Disiplin dan menahan diri sangat diperlukan dalam menerapkan strategi marketing.  Lakukan secara terus menerus secara konsisten maka konsumen anda akan mengenali ciri khas dari marketing dan produk anda!

4. Confident / Kepercayaan

Dalam survei di dunia marketing untuk mengetahui alasan konsumen membeli faktor harga adalah urutan kelima. Urutan keempat adalah alternatif pilihan, urutan ketiga adalah pelayanan, urutan kedua adalah kualitas, dan yang pertama adalah rasa percaya. tumbuh kembangkan rasa kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis anda.

5. Patient / Kesabaran

Kesabaran adalah salah satu nilai impleentasi strategi marketing yang paling penting. tanpa adanya kesabaran, mustahil terwujud, komitmen, investmen, konsistensi dan lainnya

6. Assortment / Variasi & Aneka Ragam Program

Para marketer harus menyadari bahwa tiap-tiap senjata jika digunakan secara terpisah jarang sekali bisa berhasil. jadi disini diperlukan kombinasi tools2 marketing supaya bisa marketing, kemudian kita evaluasi mana yang paling efektif!

7. Convenient / Kenyamanan

Orang kini tahu bahwa waktu bukanlah uang, tapi adalah sumber daya yang jauh lebih berharga. Hargailah hal ini dan berikan kepraktisan dan kenyamanan bagi pihak konsumen daripada hanya memikirkan praktis dan nyaman di pihak anda sendiri. Intinya adalah memahami kebutuhan dan keinginan konsumen!

8. Subsequent / Keberlanjutan

keuntungan sebenarya baru ada setelah terjadi transaksi penjualan, yang berasal dari referensi atau repeat buying (pembelian berulang). Para marketer biasa berpikir marketing mereka sudah bagus jika terjadi penjualan, padahal itu barulah awal dari permainan. Selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan, membina hubungan baik ^^

9. Amazement / Kekaguman

Ada beberapa faktor di bisnis yang bisa anda anggap sepele tetapi konsumen akan terkesan jika mereka tahu detilnya. Pastikan  setiap aktivitas marketing anda mencerminakan bahkan  semua faktor yang anda anggap sepele tersebut tetapi malah membuat orang/konsumen terkesan sehingga berujar WOWWW!

10. Measurement / Pengukuran

Sebenarnya anda bisa melipatgandakan keuntungan denan mengukur dampak atau hasil dari marketing anda. Ada yang tepat sasaran, ada yang meleset. Jika anda tidak melakukan pengukuran, anda tidak akan pernah tahu

11. Involvement / Menciptakan & Membina Keterlibatan

Involvement mencerminkan hubungan antara anda dengan konsumen. buktikan keterlibatan anda dengan melakukan inisiatif dan follow up. Perhatian anda bisa berdampak pada konsumen memberikan referensi tentang anda kepada banyak konsumen lain.

12. Dependent  / Saling Ketergantungan

Tugas marketer bukanlah berkompetisi satu dengan yang lainnya, tapi justru bekerjasama. jadi saling berkolaborasi dan memasarkan lebih berguna daripada saling menjatuhkan. Ciptakan kerjasama dengan pihak lain, maka anda akan menghemat lebih banyak pengeluaran!

0 comments:

Post a Comment