Sektor ritel saat ini penuh sesak karena banyaknya pemain
baru yang masuk per harinya. Keadaan tersebut
sebetulnya tidak membuat pasar menjadi lebih besar, melainkan pasar
dituntut untuk lebih cerdas atau smart.
Maklum. umumnya konsumen sudah lebih
sadar akan hal-hal yang baru. Konsumen yang
loyal misal terhadap satu toko
saat ini terbilang sudah tidak
ada lagi. Konsumen harus dibujuk, diterima dengan ramah, dijamu dan dilayani
agar mau datang ke toko. Lebih dari itu,
yang dibutuhkan dan sedang menjadi tren saat ini adalah toko yang unik
dan terbilang menpunyai ciri lain dari
yang lain (Visual Merchandising) . Konsep ini sedang banyak peminatnya dan tergolong mampu menyedot perhatian banyak
pengunjung.
Visual Merchandising adalah kombinasi tanpa batas dari
beberapa element seperti warna, tekstur, aroma, pencahayaan, dan konsep tata
suara. Visual Merchandising adalah presentasi dari sebuah
barang yang baik. Visual Merchandising merupakan titik pusat
warna, aksesoris dan mempunyai sifat menjelaskan. Visual
Merchandising saat ini tidak lagi hanya
sekedar bagaimana membuat barang agar terlihat atraktif untuk kostumer. Lebih
dari itu harus mempu menjual melalui suatu media yang bisa dilihat (visual).
Visual Merchandising juga merupakan
suatu cara bagi ritel untuk berkata dan mewakili mereka . Jadi maknanya lebih dari sekedar
mempertunjukkan barang melainkan tujuan akhirnya adalah bagaimana agar barang
tersebut laku dijual. Display harusnya bisa sangat menggoda pembelanja untuk membelinya . Display adalah
alah satu penarik perhatian seperti halnya sebuah gambar.Display tujuannya
adalah untuk memperoleh perhatian pembelanja lewat image dan gaya. Sehingga pembelanja diharapkan membuat
suatu statement dengan barang tersebut. Berikut adalah beberapa kelebihan daripada visual
merchandising:
- Mendidik pelanggan tentang produk / jasa dengan cara yang efektif dan kreatif
- Mendirikan media kreatif untuk menyajikan merchandise dalam lingkungan 3D, sehingga memungkinkan dampak jangka panjang dan nilai ingat
- Memposisikan perusahaan terpisah dalam posisi yang eksklusif.
- Membangun hubungan antara fashion, desain produk dan pemasaran produk dengan menjaga fokus utama.
- Menggabungkan, aspek kreatif teknis dan operasional antara produk dan bisnis.
- Menarik perhatian pelanggan untuk memungkinkan dia untuk mengambil keputusan pembelian dalam waktu sesingkat-singkatnya, dengan demikian menambah proses penjualan yg lebih cepat
Agar para peritel dapat membuat Visual Merchandising Efektif, mereka dapat melakukan perancangan
sebagai berikut:
- Colour: Colour atau Warna adalah sangat efektif bagi sebuah display. Diibaratkan seperti jiwa dalam sebuah badan. Display yang mempunyai warna dan terkoordinir dengan baik akan membuat “sesuatu yang lain” bagi barang dagangan. Skema warna bisa dibuat silih bergati, mulai dari monokrmatik, anologous, komplementer dan ke netral.
- Repetition: Repetition adalah sebuah tema atau sebuah konsep yang mampu memberikan dampak kepada barang dagangan agar terlihat menarik.
- Scale: Adalah suatu ukuran yang terhubung secara abnormal atau yang kerap berubah sekejap/saat tertentu untuk mencuri perhatian pengunjung
- Contrast: Contrast dapat diciptakan dengan bantuan pencahayaan dan warna untuk menarik mata pengunjung
- Humour, surprise and shick: Element ini bersifat lucu dan sangat surelasistik. Shock atau yang sifatnya goncangan penggunaanya harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan, agar tidak menyinggung dan mengganggu pengunjung atau penonton.
- Rhytym and motion: Rhytym and motion adalah sesuatu yang selalu berpindah, bergerak sesuai kehendak atau bahkan juga bersifat statis untuk mencoba menarik perhaian penonton. Rhytym yang bergeraknya diam-diam dan dipajang langsung di produk yang dipertunjukkan biasanya mampu menarik mata pengunjung terhadap produk tersebut.
- Aroma: kita pada umumnya mempunyai pengalaman berhubungan dengan aroma yang berbeda dan bervariasi dari individu ke yang individu. Menghirup bau harum seakan-akan berada di dunia yang lain dan terasa membuat selalu rindu untuk kembali, segar, romantis dan trendy.
- Props and lighting: Penyangga dan pencahayaan yang baik dan efektif biasanya akan memancing ingin tahu penonton terhadap apa yang ada di display. Cahaya dapat menarik perhatian dan mengajak mata penonton untuk melihat produk yang terdapat di display.
Sumber: Majalah Franchise
Huruf Timbul Jakarta
ReplyDeleteNeon Box Jakarta
Papan Nama Jakarta
Neon Sign Jakarta
Huruf Kayu Jakarta
Papan Nama Depok
Papan Nama Bekasi
Papan Nama Bogor
Letter Box Jakarta