Sunday, June 26, 2016

MATERI PERKULIAHAN: PEMASARAN JASA



Bisnis jasa dalam beberapa dekade, telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Selain bisnis yang pure jasa (jasa salon, hotel atau maskapai penerbangan, etc), saat ini dapat dikatakan , hampir semua bisnis, memasukkan jasa sebagai pelengkap layanan produknya atau bahkan menjadikannya sebagai sumber diferensiasi yang tidak mudah untuk ditiru oleh para pesaingnya. Oleh karena semakin signifikannya bisnis jasa, maka diperlukan suatu keahlian khusus untuk mengelola produk yang tidak kasat mata ini, agar dapat terhantarkan secara sempurna kepada konsumennya.

Mata Kuliah Pemasaran Jasa ini merupakan adalah mata kuliah yang membahas tentang dinamika bisnis jasa, perilaku konsumen dalam konteks bisnis jasa,  strategi segmentasi dan posisi jasa, bauran pemasarna jasa, manajemen kualitas jasa, pengorganisasian dan implementasi jasa, serta pemasaran jasa di dunia maya (e-business). Harapannya adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini mampu memahamai karakteristik produk jasa, pasar dan perilaku konsumen produk jasa serta menyusun strategi bauran pemasaran jasa, pengelolaan lingkungan, kualitas jasa, kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Berbagai macam materi tentang Pemasaran Jasa tersedia dalam bentuk PPT dibawah ini. semoga berguna bagi rekan-rekan sekalian:



 

2 comments:

  1. kalok penjelasan yang ini ada dibagian mana ya ??
    a. Mystery Shopping
    b. Focus Group interviews
    c. Customer Advisory Panel
    d. Service Reviews

    ReplyDelete
  2. Kepada Yth. Admin dan anggota group ....
    beriktu adalah kusiioner online mohon untuk diisi
    https://goo.gl/forms/v4f3NCIH1lkyQkkH2

    ReplyDelete